Wednesday, July 28, 2010

Perkembangan Virus Computer (part 1)

Seperti bidang lainnya dalam ilmu komputer, virus telah berevolusi-banyak memang-selama bertahun-tahun. Dalam serangkaian siaran pers yang mulai hari ini, kita akan melihat asal-usul dan evolusi kode berbahaya sejak pertama kali muncul sampai sekarang.

Kembali ke asal virus, itu pada tahun 1949 bahwa matematika John Von Neumann-mereplikasi diri dijelaskan program yang bisa menyerupai virus komputer seperti yang dikenal saat ini. Namun, tidak sampai 60-an yang kita temukan pendahulu virus saat ini. Pada dekade tersebut, sekelompok programer mengembangkan sebuah permainan yang disebut Core Wars, yang dapat mereproduksi setiap kali dijalankan, dan bahkan menjenuhkan memori komputer pemain lain '. Pencipta permainan ini aneh juga menciptakan antivirus pertama, sebuah aplikasi bernama Reeper, yang bisa menghancurkan salinan yang dibuat oleh Core Wars.

Namun, hanya pada tahun 1983 yang salah satu programer mengumumkan keberadaan Core Wars, yang digambarkan pada tahun berikutnya pada majalah ilmiah bergengsi: ini sebenarnya titik awal dari apa yang kita sebut virus komputer hari ini.

Pada saat itu, MS-DOS masih muda mulai menjadi sistem operasi unggul di seluruh dunia. Ini adalah sistem dengan prospek yang bagus, tapi masih banyak kekurangan juga, yang timbul dari perkembangan perangkat lunak dan kurangnya unsur hardware banyak dikenal saat ini. Bahkan seperti ini, sistem operasi baru menjadi target virus pada tahun 1986: Brain, sebuah kode berbahaya yang dibuat di Pakistan yang terinfeksi sektor boot disk sehingga isinya tidak bisa diakses. Tahun itu juga melihat lahirnya Trojan pertama: sebuah aplikasi bernama PC-Write.

Tak lama setelah itu, penulis menyadari bahwa virus dapat menginfeksi file bahkan lebih berbahaya bagi sistem. Pada tahun 1987, virus yang disebut Suriv-02 muncul, yang terinfeksi file COM dan membuka pintu bagi virus Jerusalem atau Viernes terkenal 13. Namun, yang terburuk masih akan datang: 1988 menetapkan tanggal saat worm "Morris" muncul, menginfeksi 6.000 komputer.

Dari tanggal tersebut sampai dengan tahun 1995 jenis kode berbahaya yang dikenal saat ini mulai dikembangkan: virus makro pertama kali muncul, virus polimorfik ... Beberapa bahkan epidemi ini dipicu, seperti Michaelangelo. Namun, ada suatu peristiwa yang mengubah seluruh dunia virus skenario: besar penggunaan Internet dan e-mail. Sedikit demi sedikit, virus mulai beradaptasi dengan situasi baru sampai penampilan, pada tahun 1999, dari Melissa, kode berbahaya pertama yang menyebabkan epidemi di seluruh dunia, membuka era baru bagi virus komputer.

No comments:

Post a Comment